Neymar bergabung dengan bintang-bintang dunia - Kompas Harian

Breaking

Ads

Jumat, 31 Mei 2013

Neymar bergabung dengan bintang-bintang dunia



Neymar akan bergabung dengan bintang-bintang dunia, termasuk Pemain Terbaik Dunia empat kali Lionel Messi, playmakerXavi Hernandez, dan gelandang Andres Iniesta. Kedatangan Neymar sekaligus menguatkan ‘’invasi’’ striker Brasil diklub tersebut. Sebelumnya, Barca telah menggunakan jasa Romario (1993-1995), Ronaldo (1996-1997), Rivaldo (1997-2002), dan Ronaldinho (2003-2008).

Semuanya menjadi pemain kunci. Barca membutuhkan penyerang tambahan yang konsisten untuk memperkuat tim. Selama ini, pasukan Tito Vilanova sangat bergantung kepada Messi. Di semifinal Liga Champions lalu, Barca menyerah 0-7 kepada Bayern Munich karena Messi tidak fit. Neymar diyakini akan menjadi ‘’serigala lapar’’setara Messi. ”Saya sedih harus meninggalkan Santos, tetapi menjadi kehormatan besar bisa bergabung dengan klub seperti Barcelona dan bermain bersama beberapa pemain terbaik di dunia,” kata Neymar.

Baik Neymar maupun Barcelona tidak merilis rincian keuangan transfer. Namun media Brasil melaporkan, juara Spanyol itu akan membayar Santos sebesar 38,7 juta dolar AS (sekitar Rp 368 miliar) untuk penyerang 21 tahun itu.

Santos menerima tawaran dari Barcelona dan Real Madrid secara bersamaan. Juara Copa Libertadores 2011 itu membebaskan Neymar untuk memilih. Neymar tidak akan menerima gaji besar di Barca. Dia dilaporkan hanya menjadi pemain keempat atau kelima dengan gaji tertinggi di klub pimpinan Sandro Rossel itu. ”Terima kasih untuk segalanya. Saya akan terus mengingat momen ini dalam seluruh hidup saya. Santos tak akan pernah hilang dari ingatan saya.” Nomor11 Neymar membawa Santos ke prestasi terbesar sejak Pele - legenda Brasil - berhenti bermain untuk klub pada 1970.

Dia membantu Santos memenangi Piala Brasil 2010, Copa Libertadores 2011, dan tiga titel kejuaraan Sao Paul. Dia juga menjadi pencetak gol terbanyak klub pada era pasca-Pele dengan 138 gol dari 230 pertandingan. Ayah Neymar, Neymar Silva Santos, mengatakan kontrak tentang persyaratan transfer telah ditekennya. Dokumen final akan ditandatangani di Camp Nou oleh Santos, Neymar, dan Barcelona, Sabtu (1/6) depan. Neymar bergabung dengan skuad Piala Konfederasi Brasil, Selasa kemarin.

Dia diharapkan bertolak ke Spanyol untuk perkenalan resmi dengan penggemar Barca pada 2 Juni setelah tim nasional menyelesaikan uji coba kontra Inggris di Maracana. Di Camp Nou kelak, Neymar tidak keberatan jika tidak diberi jersey nomor 11 yang terbiasa dipakainya di Santos dan Brasil. ”Mari kita lihat apa yang tersedia, itu tidak akan menjadi masalah,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar