Fatin Shidqia Lubis X factor Indonesia - Kompas Harian

Breaking

Ads

Kamis, 30 Mei 2013

Fatin Shidqia Lubis X factor Indonesia

LAZIMNYA, seorang penyanyi festival harus menggapai gelar juara terlebih dahulu, baru menggapai popularitas. Namun hal ini berbanding terbalik dengan Fatin Shidqia Lubis. Jauh sebelum menggapai gelar juara X factor Indonesia Indonesia 2013, Fatin telah memiliki popularitas luar biasa. Hal ini menjadikan Fatin sebagai sosok yang sangat fenomenal. Dimulai dari Kontes X factor Indonesia Indonesia pada Desember 2012, Fatin yang masih mengenakan seragam sekolah, datang bersama ibunya.

Tampil membawakan lagu Grenade milik Bruno Mars, suara Fatin yang memiliki karakter sangat kuat, mampu memukau empat juri yakni Ahmad Dhani, Rossa, Bebi Romeo dan Mulan Jameela. Bahkan, Fatin menjadi rebutan Ahmad Dhani dan Rossa. Secara terang-terangan, pentolan grup band Dewa 19 itu menyatakan, “Mulai sekarang, ka-mu jangan malu-malu lagi. Karena Ahmad Dhani, suka sama suara kamu.” Lalu, Dhani meminta gadis berusia 16 tahun itu bergabung bersama timnya. Namun permintaan Dhani langsung disanggah Rossa yang juga menginginkan Fatin bergabung bersamanya. Ketika diminta untuk memilih, Fatin langsung menyebut nama Rossa.

Saat itu, Dhani tidak mampu menutupi kekecewaannya. Pasca Kontes tersebut, ternyata banyak yang mengunggah video Fatin di YouTube dengan berbagai versi. Bahkan salah satu video fenomenalnya saat membawakan lagu Grenade telah dilihat hampir 3 juta kali dan angka itu terus bertambah. Yang lebih fenomenal, video Fatin muncul di website resmi Bruno Mars. Selain kebanjiran Dukungan di Facebook dan follower di twitter, Fatin juga dijagokan banyak artis lokal seperi grup band legendaris Slank, Ari Lasso, Ariel Noah, Ryan D’masiv, Melanie Ricardo, Kevin Vierra, Judika, Rachel Maryam dan banyak lagi. Dari luar negeri, Lenka, penyanyi asal Australia juga menjagokan Fatin.

Dukungan terhadap Fatin juga datang dari Malaysia hingga daratan Russia. Belum termasuk Dukungan dadakan dari beberapa negara. Seperti belum cukup, Fatin dua kali dipuji George Levendis melalui akun Facebook dan twitternya @HellasGL, saat membawakan lagu Grenade dan Diamond. George menulis : “Fatin making an impact in XF Indonesia!”. George Levendis adalah sahabat Simon Cowell (yang memformat acara X factor Indonesia). George juga seorang eksekutif di perusahaan rekaman dan Syco TV, yang merupakan milik bersama antara Simon Cowell dan Sony Music Entertainment. Harus diakui, gadis berdarah Batak tepatnya Tapanuli Selatan ini, memang memiliki karakter vokal yang sangat kuat. Namun, Fatin tergolong paling ‘hijau’ dari segi pengalaman dibanding saingannya yang juga berdarah Batak asal Tapanuli Utara, Novita Dewi Marpaung. Sebagaimana diketahui, Novita Dewi merupakan artis Nagaswara yang juga menyandang predikat juara pertama pada festival tingkat internasional di Kazakhstan.

Harus diakui, bahwa Fatin masih memiliki banyak kekurangan dalam menyanyi. Mulai dari lupa lirik hingga belum maksimal di nada-nada tinggi. Sebuah kewajaran, karena Fatin belum pernah mengecap bangku sekolah musik atau les vokal. Kontestan yang dijuluki “Si Anak Sekolah” ini, hanya seorang penyanyi di kamar mandi yang menjajal panggung super mewah X factor Indonesia Indonesia. Kekurangan Fatin dalam teknik bernyanyi sebetulnya bukanlah hal yang merisaukan. Seperti kata Anggun. C. Sasmi, semua orang bisa belajar teknik menyanyi. Tapi warna dan karakter vokal itu adalah takdir. “Pilihannya cuma ada dua, terlahir dengan itu atau tidak terlahir dengan itu,” ujar Anggun. Sementara itu, Ahmad Dhani yang sejak awal menyukai karakter vokal Fatin, memang terlihat konsisten. Dia mengaku, sejak berkarir di dunia musik tidak pernah menemukan penyanyi seperti Fatin. Hal tersebut disampaikan Ahmad Dhani sesaat sebelum pengumuman pemenang X factor Indonesia diumumkan. “Saya sering kali menemukan penyanyi hebat seperti Novita Dewi. Tapi saya tidak pernah bertemu penyanyi seperti Fatin,” ujar Dhani, Sabtu (25/5).

Tanpa mengurangi kehebatan Novita Dewi dalam bernyanyi, Dhani menjagokan Fatin untuk menjuarai X factor Indonesia. Kekuatan karakter vokal Fatin juga diakui Bebi Romeo. Dia bisa menerima kekalahan anak asuhnya, Novita Dewi, di atas panggung X factor Indonesia Indonesia. Bebi menilai Fatin memang pantas menjadi juara. “Memang beda secara value, Fatin karakternya sangat kuat,” ujar Bebi usai result show, Sabtu (25/ 5) dinihari. Bebi menilai kemenangan Fatin memang merupakan pilihan masyarakat dan dia bisa menerimanya. “Bagus Fatin menang. Karena penilaian kita serahkan ke masyarakat. Novita dan Fatin yang terbaik,” tegas Bebi. Sebagai mentor, Bebi sejak awal memang selalu menjagokan Novita Dewi. Bahkan, dia sangat meyakini bahwa Novita memiliki skil menyanyi yang lebih dibanding Fatin. Tapi, hasil pilihan masyarakat menentukan Fatin memiliki Factor X. Sebab itu, Fatin dinobatkan menjadi pemenang pertama X factor Indonesia Indonesia. Selain karakter vokal, ternyata Fatin juga memiliki aura yang sangat kuat.

Sebagaimana diungkapkan seorang paranormal menjelang babak Grand Final X factor Indonesia Indonesia. Suhu Naga meramal Fatin akan mengalahkan Novita Dewi di kompetisi puncak X factor Indonesia Indonesia. “Dari eskalasi energi yang saya rasakan, peluang Fatin untuk menjuarai X factor Indonesia memang sangat besar. Auranya terlihat sekali, sangat mencolok pada Fatin,” kata paranormal beraliran psychocybernetics ini, Kamis (23/5). Selain itu, paranormal yang punya nama asli Farid Djohan Hasan ini melihat dukungan kuat kepada Fatin berasal dari kaum hijabers. “Saya melihat dukungan untuk Fatin muncul dari kalangan hijabers, ibu-ibu dan anak-anak seusianya,” ujar Suhu Naga.

Begitulah perjalanan Fatin, seorang pelajar SMA yang masih lugu dan terkesan bersifat kekanakkanakan. Kendati demikian, dia berhasil menyita perhatian kancah musik Indonesia, bahkan internasional.

1 komentar: